Nusantara Coffee
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Untuk Menghasilkan Kopi Nikmat

by Nusantara Coffee

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Untuk Menghasilkan Kopi Nikmat

Tuang kopi telah dianut oleh dunia kopi spesial dalam beberapa tahun terakhir dan ada banyak diskusi tentang teknik dan alat terbaik untuk digunakan.

Tetapi metode filter tidak hanya untuk kompetisi dan kedai kopi khusus saja. Intinya, ini adalah tentang cara menyeduh kopi yang bener dan mudah untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Baik Anda seorang pembuat kopi rumahan baru atau barista berpengalaman.

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

APA ITU POUR OVER COFFEE?

Metode tuangkan lebih melibatkan menuangkan air panas melalui bubuk kopi dalam filter. Air mengalir melalui kopi dan disaring ke dalam teko atau mug. Pour over juga dikenal sebagai kopi saring atau kopi tetes, meskipun istilah ini juga mencakup pembuat bir batch.

Apa yang membedakan adalah bahwa itu dibuat dengan menuangkan air ke atas kopi dengan tangan. Jadi Anda mungkin mendengarnya disebut hand brewing atau manual brewing.

Teknik ini telah umum digunakan di Eropa sejak tahun 1900-an dan di tempat lain lebih lama, tetapi “ditemukan kembali” oleh gerakan kopi spesial dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga:

Mengenal Sejarah Asal Usul Kopi Yang Perlu Anda Tahu
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

KENAPA MENGGUNAKAN METODE POUR OVER?

Tuang di atas menonjolkan rasa yang rumit jika dibandingkan dengan metode pembuatan bir lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan populer untuk kopi asal tunggal, karena memungkinkan rasa dan aroma bersinar.

Filter kopi yang baik adalah bersih, jernih, dan konsisten. Ini karena air diizinkan untuk mengekstrak minyak dan wewangian kopi dalam waktu dan tekanannya sendiri yang konsisten. Filter kemudian menangkap banyak minyak, menghasilkan cangkir yang bersih.

Dan karena ini adalah metode infus, ini sedikit lebih efisien dalam mengekstraksi larut kopi daripada teknik perendaman seperti French press. Metode perendaman menyebabkan air menjadi jenuh, sedangkan metode penuangan menggunakan pasokan air tawar yang konstan.

Nara Lee adalah Juara Piala Brewers Selandia Baru 2017. Dia berkata, ”Saya tidak berpikir bahwa metode yang kami gunakan mengubah rasa, tetapi [dapat menyoroti] lebih banyak nuansa. Saya tidak berpikir peralatan itu mengubah rasa dan rasa kopi secara keseluruhan, tetapi beberapa orang percaya bahwa itu benar-benar terjadi.”

brewers cup top three competitors
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Tapi tuangkan kopi memiliki beberapa tantangan. Metode manual adalah korban kesalahan manusia dan teknik penuangan yang buruk.

Misalnya, semua metode infus (termasuk espresso) memiliki risiko penyaluran, di mana aliran air menemukan rute yang mudah di sekitar kopi bubuk. Ini terjadi ketika ada gumpalan kopi atau ampasnya tidak merata, dan itu berarti sebagian kopi tidak terekstraksi. Jadi, penting bagi barista untuk belajar cara menuang dengan cara yang merendam tanah secara merata di dalam air.

Karena sulit untuk meniru metode secara tepat setiap saat, beberapa pemilik kafe dan pembuat bir lebih memilih untuk menggunakan pembuat bir batch yang disetujui SCA sebagai gantinya. Mesin-mesin ini membawa otomatisasi ke metode dan dapat memberikan hasil yang lebih konsisten daripada tuang tangan.

Baca Juga:

11 Manfaat Green Coffee Untuk Wajah Tetap Awet Muda
barista brewing coffee in pour over method
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

PERALATAN APA YANG ANDA BUTUHKAN?

Tampaknya ada banyak sekali pilihan untuk peralatan tuang, tetapi Anda tidak perlu berinvestasi untuk semuanya. Anda dapat memulai dengan perangkat sederhana dan beberapa filter, lalu menambahkan lebih banyak peralatan sesuai pilihan Anda.

Chad Wang adalah Juara Piala Dunia Brewers 2017. Dia berkata, “Sangat penting untuk memahami bahwa kualitas cangkir dari hasil akhir jauh lebih penting daripada teknis tentang resep Anda atau memilih V60 daripada Pintar.”

Mari kita lihat peralatan dasar apa yang Anda perlukan untuk menuangkannya

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Dengan Brewing device

Perangkat pembuatan bir atau dripper hanyalah bagian dari peralatan yang menahan filter dan ampas kopi. V60, Kalita Wave, dan Melitta adalah pilihan populer. Ketiganya duduk di atas cangkir atau teko dan mungkin tampak dapat dipertukarkan. Tetapi ada fitur desain khusus untuk masing-masing yang membantu aliran dan memengaruhi ekstraksi. Chemex adalah pilihan populer lainnya dengan fitur desainnya sendiri yang memengaruhi cangkir.

Keuntungan menggunakan salah satu perangkat ini adalah tersedia secara luas, mudah digunakan, dan memiliki filter yang dibuat khusus untuk desainnya. Ada juga banyak panduan dan peretasan online untuk menggunakan perangkat ini sehingga mudah untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar dan beradaptasi sesuai kebutuhan.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, cobalah brews yang dibuat dengan perangkat yang berbeda di kedai kopi lokal Anda dan tanyakan kepada barista mana yang mereka sukai dan mengapa.

barista brewing coffee on V60
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Dengan Menggunakan Filters

Kertas atau kain? Dikelantang atau tidak dikelantang? Anda mungkin berpikir bahwa filter adalah bagian pembuatan bir yang paling tidak kontroversial, tetapi bahkan ada beberapa perdebatan di sini. Filter khusus dirancang agar sesuai dengan perangkat yang berbeda dan memungkinkan ekstraksi yang efisien. Chemex menggunakan filter kertas yang 20-30% lebih berat daripada filter lain, yang menurut produsen dapat menahan lebih banyak minyak tersuspensi selama proses pembuatan bir.

Beberapa orang mengklaim bahwa filter kertas menciptakan rasa kertas yang tidak diinginkan, terutama jika diputihkan. Untuk menghindarinya, bilas filter Anda sebelum menggunakannya. Filter kain telah ada sejak lama dan beberapa orang lebih menyukainya karena tidak mempengaruhi rasa dan memiliki dampak lingkungan yang lebih kecil daripada kertas.

Terserah Anda filter spesifik mana yang Anda pilih, tetapi pastikan filter tersebut sesuai dengan perangkat Anda dengan benar. Kertas atau kain yang ditumpuk akan menghambat aliran air dan memerangkap bubuk kopi, yang akan membuat ekstraksi Anda kurang konsisten.

Barista removing bleached filter from chemex
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Scales

Anda mungkin tidak menganggap timbangan itu penting, tetapi jika Anda ingin membuat kopi yang enak secara konsisten, timbangan itu penting. Investasikan dalam timbangan digital dan gunakan untuk mengukur kopi dan air Anda. Mengetahui dengan tepat berapa banyak masing-masing yang Anda gunakan dalam minuman yang baik (atau buruk) dapat memungkinkan Anda untuk mereplikasi resep atau mengubahnya untuk hasil yang lebih baik.

Kettles

Pernahkah Anda melihat barista khusus menuangkan air dari ketel tembaga kecil dan bertanya-tanya mengapa? Tidak bisakah Anda menggunakan ketel listrik standar? Ya kamu bisa. Tetapi Anda mungkin memilih untuk tidak melakukannya.

Seperti banyak hal dalam kopi spesial, faktor penting di sini adalah konsistensi. Ketel yang dibuat khusus untuk dituangkan dirancang untuk menjaga suhu air tetap stabil. Ini membantu Anda membuat ekstraksi yang konsisten. Dan leher angsa yang panjang dan tipis itu dirancang untuk mengontrol aliran air. Air cenderung menyembur keluar dari ceret dengan cerat yang lebih pendek.

Apakah Anda memilih listrik, kompor, atau pemanas air batch terserah Anda, tetapi lihat ulasan ceret tertentu dan siapkan termometer untuk mengawasi suhu.

brewing coffee on a V60
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

KOPI MANA YANG HARUS ANDA GUNAKAN?

Jadi Anda sudah menyiapkan peralatan Anda, tetapi sekarang bagaimana? Kopi mana yang harus Anda gunakan dengan tuang? Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kacang Anda

Roast profile

Karena metode tuang bekerja dengan baik untuk menonjolkan nada rasa dan aroma yang halus, Anda mungkin ingin memilih panggang ringan. Kacang yang dipanggang dengan profil ini adalah yang paling cerah, dengan rasa paling asam.

Chad mengatakan, “Roass ringan menunjukkan kualitas kopi yang paling otentik.”

Tentu saja, Anda bisa menjadi sedang atau bahkan gelap jika Anda mau, tetapi metode pembuatan bir ini melengkapi rasa yang halus.

Grind size

Ukuran tanah Anda mempengaruhi tingkat ekstraksi. Tuang lebih adalah metode infus, yang berarti bahwa kopi dan air bersentuhan untuk waktu yang lebih singkat daripada metode perendaman, tetapi lebih lama daripada dalam espresso. Jadi, Anda ingin kopi memiliki luas permukaan yang cukup untuk diekstraksi sebelum air disaring ke dalam cangkir, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mereka kurang mengekstrak dan menghasilkan minuman yang pahit.

Artinya, Anda harus mulai dengan ukuran penggilingan sedang dan kemudian mengevaluasi cangkir Anda dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Jika sedikit berair atau asam, cobalah gilingan yang lebih halus. Jika pahit dan tidak ada nada manis, cobalah sedikit lebih kasar.

Dan berinvestasi dalam penggiling berkualitas untuk memastikan partikel kopi Anda semua digiling dengan ukuran yang sama. Penggiling berkualitas rendah dapat menghasilkan kopi bubuk yang tidak konsisten dan banyak “halus”. Fragmen kecil dari ekstrak kopi ini sangat cepat dan dapat membuang cangkir Anda.

2017 brewers cup champion
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Stathis Koremtas adalah Juara Piala Brewer Nasional Yunani Yunani 2018. Dia juga seorang barista di Taf dan memberitahuku bagaimana dia menyiapkan V60 di sana.

“Kami menggunakan gilingan halus, bukan kasar,” katanya. “Kami bermain dengan suhu air. Jadi kami memiliki air 92°C [198°F] dan kami mencoba membuat ekstraksi cepat, untuk menyelesaikan seluruh proses dalam 2 menit hingga 2 menit, 10 detik.”

“Keuntungan dari fine grind size adalah meningkatkan body dan aroma kopi. Dan jika Anda ingin membuat ekstraksi cepat, Anda juga akan mendapatkan rasa manis dan kebersihan yang Anda inginkan di dalam cangkir.”

BERAPA RASIO KOPI TERHADAP AIR YANG HARUS ANDA GUNAKAN?

Anda akan melihat banyak rasio yang disarankan berbeda di luar sana, tetapi 1:17 (1g kopi hingga 17g air) adalah titik awal yang diterima secara umum. Buat beberapa seduhan dengan ukuran ini tetapi sesuaikan faktor yang memengaruhi ekstraksi, seperti ukuran penggilingan dan suhu air, satu per satu hingga Anda menemukan resep yang cocok untuk Anda.

Kemudian, coba ubah rasio kopi dengan air. Jika minuman Anda terasa encer atau lemah, tambahkan lebih banyak kopi tanpa mengubah faktor lain dan evaluasi apakah rasanya lebih enak. Jika Anda merasa cangkir Anda terlalu kuat, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah kopi. Tetapi ingat untuk melacak apa yang Anda ubah sehingga Anda dapat mereplikasi minuman sempurna Anda ketika Anda menemukannya.

Dan jangan lupa tentang airnya. Air keran dapat mengandung mineral dan kontaminan yang mempengaruhi rasa, jadi gunakan air yang disaring.

Baca Juga:

Mengenal Teknik Cara Roasting Biji Kopi Robusta
coffee being brewed on kalita wave
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

TEKNIK POURING MANA YANG TERBAIK?

Hindari terlalu banyak menonton video tentang teknik ketika Anda pertama kali mulai menyeduh dengan metode tuang. Itu bisa dengan cepat menjadi luar biasa. Sebaliknya, mulailah dengan sederhana. Konsisten dalam cara menuangkan dan pelajari cara menggunakan pembungaan, penuangan nadi, dan pengadukan untuk mencapai ekstraksi yang merata. Banyak orang menuangkan dalam lingkaran konsentris, yang membantu barista mempertahankan aliran air yang konsisten.

Anda dapat meningkatkan metode yang lebih detail atau melanggar semua aturan saat Anda lebih terbiasa dengan dasar-dasarnya.

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Dengan Teknik The bloom

Teknik Mekar adalah gelembung cepat air yang terjadi saat Anda pertama kali menuangkannya. Hal ini disebabkan oleh degassing karbon dioksida yang terbentuk dalam proses pemanggangan. Sangrai ringan dan kopi segar cenderung menghasilkan mekar besar karena biasanya mengandung lebih banyak gas.

Karbon dioksida dapat mencegah ekstraksi yang merata karena menolak air, dan tanah yang terganggu dapat berada pada ketinggian yang berbeda. Jadi biarkan gas keluar dan tingkatkan peluang Anda untuk ekstraksi yang konsisten.

Tuang perlahan dua kali takaran kopi ke dalam air di atas tanah. Jadi, jika Anda memiliki kopi dosis 15 g, tuangkan 30 ml air. Kemudian tunggu 30 hingga 45 detik sampai mekarnya berakhir dan tanahnya tenang.

coffee blooming
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar Dengan Teknik Pulse pouring & continuous pouring

Penuangan pulsa berarti menggunakan beberapa kali penuangan air dalam jumlah tertentu. Anda dapat bereksperimen dengan volume air dan jumlah penuangan. Teknik ini membantu mencegah penyaluran atau ground naik ke sisi filter. Ini juga dengan lembut mengganggu penggilingan, menyebabkan mereka bergerak dan menciptakan lebih banyak kontak dengan air.

Ini adalah alternatif dari penuangan terus menerus, yaitu ketika barista menuangkan air dengan laju aliran yang konstan tanpa henti. Penuangan terus menerus bertujuan untuk menjaga aliran dan kejenuhan sedapat mungkin, sedangkan penuangan pulsa sengaja divariasikan.

Anda dapat menggunakan teknik penuangan sebagai variabel lain yang perlu dipertimbangkan saat mengadaptasi resep Anda. Jenis tuang yang berbeda akan memiliki efek yang berbeda pada ekstraksi dan oleh karena itu memiliki dampak yang berbeda pada minuman Anda.

brewing pour over coffee
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Agitation

Ini hanyalah gangguan ringan pada bubuk kopi selama proses penyeduhan. Ada banyak cara untuk mengaduk kopi, termasuk mengaduk atau mengaduknya.

Agitasi menyebarkan alasan yang dapat dibiarkan “tinggi dan kering” pada filter dengan menyalurkan. Itu juga memecah gumpalan kering di dalam tempat tidur kopi. Dengan memastikan semua tanah jenuh, agitasi membantu ekstraksi merata.

freshly brewed coffee on a chemex
Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Menuangkan kopi bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat cangkir harian Anda dan itu tidak harus rumit. Dengan memahami topik-topik utama ini, Anda sudah siap untuk membuat minuman yang layak dan memiliki alat untuk mengubahnya hingga menjadi minuman yang hebat.

Jadi tunggu apa lagi? Buka kemasan V60, Kalita Wave, atau Chemex Anda dan investasikan kopi spesial. Dunia tuangkan adalah milikmu untuk dijelajahi

Related Posts

Bermitra Dengan Kami Dan Menjadi Bagian Terbesar Coffee Shop Network Lokal Berbasis Syariah!
WeCreativez WhatsApp Support
Content Creator
Ariondaru
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Booth Design
Andy Saputera
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Product Supply
Doni Setia Nugraha
Available