Nusantara Coffee
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

by Nusantara Coffee

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Kafein adalah zat yang secara alami ada di daun, biji, dan buah dari banyak tanaman, di mana zat ini bertindak sebagai herbisida dan penolak serangga ( source terpercaya ). kafein secara alami dapat ditemukan dalam daun teh, biji kakao, biji kopi, guarana, dan kacang kola. pada perkembangannya banyak orang menambahkannya ke berbagai makanan dan minuman, termasuk es krim dan minuman berenergy

image 14
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, Foto Martí Sans/Stocksy United

Kafein adalah zat psikostimulan yang paling umum dikonsumsi di dunia. Istilah “psikostimulan” berarti meningkatkan aktivitas sistem saraf ( Trusted Source).

Food and Drug Administration (FDA) umumnya mengakui kafein sebagai zat yang masih tergolong aman. Mengkonsumsi hingga 400 mg kafein per hari belum dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan pada orang dewasa yang sehat

Satu studi tinjauan menunjukkan bahwa 300 mg kafein per hari pada wanita hamil yang sehat adalah aman, dengan data terbatas menunjukkan bahwa 1,1 mg kafein per pon (2,5 mg per kg) berat badan pada anak-anak dan remaja mungkin aman

Namun, penelitian telah mengamati hasil yang beragam, dan beberapa orang mungkin mengalami efek samping negatif pada asupan kurang dari 400 mg per hari, Efek samping ini termasuk jantung berdebar, kecemasan, insomnia, dan peningkatan tekanan darah dan detak jantung

Karena produsen menambahkan kafein ke beberapa makanan dan minuman untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, dan suasana hati, Anda mungkin mengonsumsi lebih banyak kafein dari yang Anda kira, Hal ini sangat penting untuk diwaspadai jika Anda cenderung mengalami efek samping negatif saat mengonsumsi kafein.

Meskipun kafein memiliki beberapa manfaat kesehatan, jika anda mengkonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda sendiri, dalam artikel kali ini Nusantara Coffee sudah mengumpulkan beberapa referensi Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, yuk baca terus artikel kita kali ini.

Mengapa Anda Harus Menghindari Kafein?

Menghindari kafein sepenuhnya bisa jadi sulit karena merupakan bahan umum dalam banyak makanan dan minuman. Tetapi secara umum, asupan kafein Anda tidak boleh melebihi 400 miligram per hari – jumlah dalam sekitar empat hingga lima cangkir kopi.

Beberapa masalah jika terlalu banyak kafein dalam diet Anda :

Membuat Ketergantungan

Karena kafein merangsang sistem saraf pusat, penggunaan secara teratur dapat menyebabkan ketergantungan fisik ringan. Meski tidak dianggap berbahaya, penarikan kafein bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Beberapa gejala penarikan kafein meliputi:

  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mual
  • Nyeri otot
  • Mengganggu Tidur

Asupan kafein di siang hari menurunkan tingkat 6-sulfatoxymelatonin – bagian utama dari melatonin, hormon tidur yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda. Melatonin rendah dapat menyebabkan kurang tidur dan insomnia.

Namun, seberapa banyak kafein mempengaruhi jadwal tidur Anda tergantung pada sensitivitas Anda dan seberapa cepat Anda mencerna zat tersebut.

Meningkatkan Tekanan Darah

Meskipun tidak jelas mengapa hal itu terjadi, kafein dosis tinggi untuk sementara dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Efeknya dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga:

Top 15 Merek Kopi Yang Mengandung Kafein Tinggi

Berikut adalah 10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

1. Kopi

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Sudah jelas yah sob kalau kopi masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein tinggi, Kopi adalah minuman yang diseduh yang dibuat dari biji kopi, yang merupakan sumber kafein alami, disukai karena rasa dan aromanya di seluruh dunia, kopi dikonsumsi karena efek stimulasinya, yang meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan kewaspadaan.

Apakah kopi meningkatkan risiko penyakit masih kontroversial.

Beberapa penelitian yang mengeksplorasi hubungan antara konsumsi kopi dan risiko penyakit telah menunjukkan peningkatan risiko penyakit jantung, sementara yang lain telah menunjukkan potensi manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko diabetes tipe 2.

Rata-rata, secangkir kopi 8 ons (240 mL) mengandung sekitar 100 mg kafein. Pada tingkat ini, 4 cangkir kopi per hari akan membuat Anda tetap dalam batas aman 400 mg kafein untuk orang dewasa yang sehat.

Namun, produk kopi mungkin mengandung jumlah kafein yang sangat berbeda. Misalnya, Grande Vanilla Latte 16 ons (475-mL) Starbucks menyediakan 170 mg kafein, sedangkan Grande Blonde Roast dengan volume yang sama menyediakan 360 mg kafein.

Anda harus membaca label nutrisi untuk mengetahui jumlah kafein per porsi kopi.

Biji kopi robusta (Coffea canephora Robusta) diketahui mengandung lebih banyak kafein dibandingkan biji kopi arabika (Coffea Arabica). Sangrai ringan biasanya memiliki lebih banyak kafein daripada sangrai gelap. Dan metode dan kekuatan pembuatan bir juga akan menjadi faktor berapa banyak kafein yang berakhir di cangkir minuman Anda.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa kopi tanpa kafein benar-benar bebas dari kafein. Sebuah studi tahun 2006 menemukan antara 8 dan 14 mg kafein di hampir setiap cangkir tanpa kafein. Juga perlu diingat bahwa makanan beraroma kopi seperti es krim dan yogurt juga bisa mengandung kafein.

Kopi tanpa kafein

Jika Anda bertanya-tanya, kopi tanpa kafein masih mengandung kafein. itu karena kadarnya telah berkurang dibandingkan dengan kopi biasa, satu cangkir (240 mL) kopi tanpa kafein mengandung 1–50 mg kafein, tergantung pada merek dan ukuran porsi. Itu kurang dari setengah jumlah kafein dalam cangkir biasa.

Sebuah studi tinjauan tahun 2014 menemukan bahwa bersama dengan minum kopi biasa, minum kopi tanpa kafein dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

RINGKASAN

Kopi adalah minuman yang diseduh yang secara alami mengandung jumlah kafein yang bervariasi, tergantung pada ukuran porsi dan merek produk. Rata-rata, satu porsi kopi 8 ons (240 mL) mengandung 100 mg kafein.

2. Biji Kakao dan Coklat

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Sama seperti biji kopi biji kakao masuk kedelamam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, biji kakao secara alami mengandung kafein, ini berarti bahwa semua cokelat dan makanan yang dibumbui dengan cokelat mengandung beberapa kafein, tetapi jumlah kafein dalam produk tergantung pada persentase kakao yang dikandungnya

Inilah tentang berapa banyak kafein yang akan Anda temukan dalam 3,5 ons (100 gram) berbagai jenis cokelat ( Sumber Tepercaya):

  • Cokelat kakao 100%: 240 mg kafein — setara dengan 2,5 cangkir kopi biasa
  • Cokelat pahit (55% kakao): 124 mg kafein
  • Cokelat susu (33% kakao): 45 mg kafein — sekitar jumlah kafein dalam secangkir teh hitam
  • Kakao juga mengandung senyawa seperti flavonol dan methylxanthines, dan beberapa penelitian telah menyelidiki potensinya sebagai makanan fungsional (11).

Senyawa ini, termasuk kafein, memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan dapat memberikan manfaat kesehatan, Itu kabar baik bagi para pecinta cokelat.

RINGKASAN

Biji kakao mengandung kafein, dengan jumlah yang tergantung pada persentase kakao dalam produk. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) kakao murni dapat mengandung jumlah kafein yang sama dengan 2,5 cangkir kopi, sedangkan cokelat susu mengandung lebih sedikit.

3. Kacang Kola

Berasal dari Afrika Barat, kacang kola adalah makanan pokok yang dihargai karena simbolisme budaya dan kepentingan ekonomi dan kesehatannya bagi semua kelas sosial ekonomi dan kelompok agama, kacang kola pernah menjadi agen penyedap utama dan sumber kafein dalam cola komersial seperti Coca-Cola. Namun, beberapa merek cola besar tidak lagi menggunakannya.

Kacang kola adalah biji pohon kola dan sumber kafein alami, biji kola juga masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, anda bisa memakannya segar atau kering, dan orang-orang menggunakan ekstraknya sebagai bahan tambahan makanan, meskipun kacang kola itu sendiri memiliki potensi manfaat kesehatan, minum soda yang mengandung gula secara teratur dikaitkan dengan penambahan berat badan dan konsekuensi kesehatan negatif lainnya

RINGKASAN

Ekstrak kacang kola mengandung kafein yang tinggi. Perusahaan menggunakannya sebagai bahan tambahan makanan dan zat penyedap dalam beberapa minuman ringan, meskipun beberapa sumber mengatakan merek komersial, termasuk Coca-Cola, tidak lagi menggunakannya.

4. Teh Hijau

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Baca Juga:

Cara Memutihkan Siku Dan Lutut Dengan Kopi

Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein lainnya adalah teh hijau. Ini adalah minuman yang sangat populer di negara-negara Asia, teh hijau mengandung asam amino seperti theanine, yang menurut penelitian bekerja pada hippocampus di otak dan memberikan efek pengurangan stres pada hewan dan manusia

Sebuah studi tahun 2017 lebih lanjut menyarankan bahwa kombinasi theanine dan kafein dalam teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan kognisi, serta mengurangi kecemasan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, sajian teh hijau 8 ons (240 mL) menyediakan sekitar 30-50 mg kafein, yaitu sekitar setengah dari kandungan kafein secangkir kopi

Kandungan kafein teh hijau bervariasi berdasarkan usia daun. Daun yang lebih tua memberikan lebih sedikit kafein daripada daun yang lebih muda

Secangkir teh hitam 8 ons biasanya mengandung 40 hingga 100 mg kafein. Teh hijau biasanya mengandung 15 sampai 50 mg, dan teh oolong berada di antara keduanya. Di luar sumber teh kafein ini, yang berasal dari daun tanaman Camellia sinensis asli Asia Timur, beberapa teh berkafein lainnya dari keluarga Ilex (holly) telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir.

Yerba mate dan guayusa, yang berasal dari Amerika Selatan, dan yaupon, yang dianggap sebagai satu-satunya tanaman berkafein asli Amerika Utara, masing-masing memiliki sejarah panjang penggunaan tradisional dan sekarang banyak tersedia di toko bahan makanan dan kedai kopi dan teh.

RINGKASAN

Teh hijau adalah sumber kafein alami, menyediakan sekitar 30-50 mg kafein per porsi 8 ons (240 mL), tergantung pada usia daun yang digunakan.

5. Guarana

Guarana masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, tanaman yang berasal dari hutan hujan Amazon di Brasil dan dikenal karena sifat antioksidan dan stimulannya, sama seperti biji kakao, tanaman guarana mengandung bahan kimia yang disebut methylxanthines, dan kafein adalah salah satunya

Studi telah menemukan bahwa mengkonsumsi tanaman guarana dikaitkan dengan peningkatan energi dan perlindungan terhadap tekanan darah tinggi, obesitas, dan sindrom metabolik pada orang dewasa yang lebih tua, Perusahaan menggunakan ekstrak guarana sebagai aditif makanan dalam minuman ringan, minuman energi, bar energi, dan suplemen makanan herbal

RINGKASAN

Guarana adalah sumber alami kafein dan digunakan sebagai aditif makanan dalam produksi minuman energi, minuman ringan, dan suplemen makanan herbal.

6. Minuman Yerba Mate

Teh Yerba adalah minuman populer di Amerika Selatan. minuman ini masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, Yerba Mate terbuat dari daun kering yang dihancurkan dari pohon Ilex paraguariensis berdaun besar, teh yerba dikenal sebagai teh Paraguay, yerba mate adalah sumber kafein alami. Para ahli memujinya sebagai minuman ramah jantung dengan banyak manfaat kesehatan potensial, yang meliputi sifat antimikroba dan antioksidannya

Yerba mate juga merupakan sumber polifenol, yaitu senyawa tanaman yang memiliki manfaat kesehatan pada manusia Kandungan kafein yerba mate bervariasi tergantung pada metode pembuatan bir, mulai dari 20–180 mg per 8 ons (240 mL).

RINGKASAN

Yerba mate adalah minuman populer di Amerika Selatan yang secara alami mengandung kafein dan senyawa tanaman bermanfaat dengan potensi sifat meningkatkan kesehatan.

7. Mengunyah Permen Karet

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Apakah anda baru tahu kalau permen karet adalah Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, yah! Permen karet adalah zat lembut dan kenyal yang secara tradisional terbuat dari getah pohon, permen karet bukan sumber kafein alami, tetapi produsen mungkin memasukkan kafein ke dalam resep mereka. Ini telah membuat permen karet populer di kalangan beberapa atlet dan lainnya yang mencari penambah energi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Anda menyerap kafein dalam permen karet lebih cepat daripada kafein dalam bentuk kapsul. Ini mungkin karena sel-sel mukosa bukal pipi bagian dalam menyerapnya dengan cepat

Kafein meningkatkan kinerja atletik. Untuk alasan ini, permen karet berkafein, bersama dengan sumber kafein lainnya, termasuk dalam daftar zat terlarang National Collegiate Athletic Association (NCAA) untuk atlet.

Mengunyah permen karet yang mengandung kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan rentang perhatian Anda. Versi berkafein tertentu, seperti RunGum, menyediakan 50 mg kafein dalam dua potong permen karet

RINGKASAN

Permen karet adalah zat yang lembut dan kenyal yang memiliki kafein yang ditambahkan ke dalamnya selama produksi. Beberapa merek dapat menyediakan hingga 50 mg kafein.

8. Minuman Berenergi

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Baca Juga:

8 Manfaat Green Coffee Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Sebagian orang mungkin baru tahu kalau minuman berenergi masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, minuman energi adalah minuman berkarbonasi dan manis yang dipasarkan karena kemampuannya untuk meningkatkan tingkat energi, suasana hati, dan kewaspadaan, namun, minuman energi dijual sebagai suplemen makanan, tidak diatur oleh FDA, dan dibebaskan dari pengujian yang ketat.

Oleh karena itu, mungkin sulit untuk menentukan kandungan kafein dari beberapa merek. Satu studi menunjukkan bahwa kandungan kafein minuman energi berkisar antara 50-505 mg, misalnya, minuman energi populer Red Bull mengandung 80 mg kafein per kaleng 8,4 ons (250 mL).

Selain kafein, minuman energi mengandung taurin, asam amino yang secara alami ditemukan di otak dan memiliki sifat antioksidan

Biasanya minuman energi dibuat dengan kombinasi kafein murni, ekstrak tanaman berkafein seperti guarana (tanaman dengan kandungan kafein dua kali lipat dari kopi), bersama dengan vitamin B, asam amino, dan gula atau pemanis buatan, minuman energi sering kali dikemas dalam dosis besar dan kuat. kafein—biasanya antara 150 dan 350 mg per sajian.

Beberapa minuman penambah energi yang trendi juga mengandung kafein, jadi pastikan untuk membaca label dengan cermat sehingga Anda tahu apa yang Anda dapatkan.

RINGKASAN

Minuman energi adalah produk suplemen makanan, dan tidak diatur oleh FDA. Mereka dapat menyediakan 50-505 mg kafein tergantung pada mereknya.

9. Makanan yang Mengandung Kopi

Anda dapat menemukan sejumlah besar makanan yang mengandung kopi yang tersedia untuk dibeli, dan banyak di antaranya mengandung kafein. Tiramisu, es krim kopi, dan bagel rasa kopi hanyalah beberapa contohnya.

Tiramisu adalah makanan penutup Italia tradisional rasa kopi yang dibuat dengan espresso dan rum, tiramisu dan makanan lain yang mengandung kopi, seperti es krim kopi Haagen-Dazs, adalah sumber kafein yang umum.

Jumlah kafein dalam makanan ini tergantung pada jumlah biji kopi yang digunakan dalam resep dan dapat sangat bervariasi.

RINGKASAN

Semua makanan yang mengandung kopi mengandung jumlah kafein yang bervariasi, termasuk tiramisu dan es krim kopi.

10. Makanan Rasa Coklat

image 15
10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Karena biji kakao adalah sumber kafein alami, semua makanan dan minuman rasa cokelat dan cokelat pastinya mengandung kafein Jumlah kafein yang ada tergantung pada jumlah kakao yang dikandung produk, misalnya, cokelat panas Grande 16 ons (475 mL) Starbucks mengandung 25 mg kafein (29).Namun, merek seperti Swiss Miss dan Nestle memproduksi minuman cokelat panas bebas kafein.

Biji kakao masuk kedalam Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein, jumlah kafein dalam coklat cukup bervariasi, tergantung pada bagaimana biji kakao diproses dan seberapa tinggi produk akhir dalam padatan kakao. Umumnya, semakin tinggi persentase padatan kakao, semakin tinggi kandungan kafeinnya. Cokelat hitam umumnya mengandung paling banyak kafein, sedangkan cokelat putih tidak mengandung kafein, karena tidak mengandung padatan kakao—hanya mentega kakao.

Kandungan Kafein dalam Berbagai Jenis Cokelat (per Ons)

  • Cokelat hitam—5 hingga 24 mg
  • Cokelat susu—3.5 hingga 9 mg
  • Susu cokelat—4 hingga 7 mg
  • Kakao panas—3 hingga 13 mg
  • Cokelat putih—0 mg

Makanan yang dibuat dengan cokelat atau bubuk kakao, seperti cokelat panas, susu cokelat, kue kering, puding, dan makanan penutup lainnya juga mengandung kafein.

RINGKASAN

Makanan yang dibuat dengan biji kakao dan perasa cokelat secara alami mengandung kafein. Ini termasuk cokelat panas.

KESIMPULAN

Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein tersebar banyak dalam bentuk produk jadi, yang harus anda tahu bahwa Kafein adalah stimulan yang meningkatkan aktivitas sistem saraf Anda, Ini ditemukan di daun, biji, dan buah-buahan dari banyak tanaman, termasuk daun teh, biji kakao, biji kopi, guarana, dan kacang kola.

Makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan-bahan ini atau mengandung kafein juga mengandung kafein. Ini termasuk cokelat, kopi, minuman energi, dan teh hijau.

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Berapa Banyak Kafein yang Harus Saya Konsumsi?

Untuk Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein tinggi menurut FDA merekomendasikan bahwa orang dewasa mengkonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein setiap hari. Dan untuk wanita hamil dan menyusui, rekomendasinya adalah setengah dari itu—total 200 miligram dalam sehari. Tidak ada rekomendasi yang ditetapkan untuk dewasa muda atau remaja. Tentu saja, ini hanya rekomendasi asupan kafein harian standar dan tidak memperhitungkan kebutuhan pribadi, fisiologi, dan gaya hidup Anda.

Sementara kadar kafein yang rendah umumnya tidak akan memiliki efek stimulasi yang nyata pada kebanyakan orang, ada baiknya untuk menyadari berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, sehingga Anda dapat memastikan asupan kafein total Anda bekerja dengan baik untuk tubuh dan tujuan Anda.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah banyak makanan dan minuman yang mengandung kafein mengandung kadar gula yang tinggi, pemanis dan perasa buatan, serta bahan tambahan lain yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda.

Related Posts

to top
Bermitra Dengan Kami Dan Menjadi Bagian Terbesar Coffee Shop Network Lokal Berbasis Syariah!
WeCreativez WhatsApp Support
Booth Design
Andy Saputera
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Content Creator
Ariondaru
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Product Supply
Doni Setia Nugraha
Available