Nusantara Coffee
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

6 Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

by Nusantara Coffee

6 Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

Pertama kali Kopi masuk di wilayah Amerika Selatan terjadi pada awal abd ke 18, ketika penjajah Eropa memperkenalkan benih kopi ke Suriname dan Guyana Prancis, kemudian Brasil. pada perkembangannya budidaya kopi kemudian menyebar ke negara-negara benua utara. dengan kondisi pertumbuhan yang sangat menguntungkan, sehingga dalam satu abad, tiga produsen kopi teratas dunia, yang memiliki 75 persen produksi global, adalah Amerika Selatan: Brasil, Kolombia, dan Venezuela.

Sementara Brasil dan Kolombia telah mengorganisir dukungan pemerintah dan tingkat industri, Venezuela mencurahkan perhatian keuangannya untuk minyak, mengabaikan kopi sehingga terjadi penurunan yang cukup signifikan. Saat ini, Brasil dan Kolombia menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi, sedangkan Peru yang mengalami naik daun.

image 16 7
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

Berikut ini adalah Daftar 6 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan:

1. BRAZIL

Brasil adalah Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan, menyediakan setidaknya seperempat dari total industri. Meskipun berdiri, Brasil belum mengumpulkan reputasi untuk kopi spesial, terutama dibandingkan dengan negara tetangga Kolombia. Ini sebagian karena desain. Institut Kopi Brasil (IBC) dan Organisasi Kopi Internasional telah menetapkan kuota selama beberapa dekade yang lebih menyukai produksi dalam jumlah lebih tinggi daripada sektor khusus.

Pemanenan umumnya dilakukan dengan cara “memetik” buah kopi, artinya satu atau dua kali per pohon, terkadang dengan mesin. Ini cepat dan menghemat biaya tenaga kerja, tetapi membawa ceri mentah ke dalam pemrosesan. Akibatnya, Brasil mengembangkan reputasi luas untuk kopi yang agak pahit dan tidak seimbang dengan produksi yang sering diturunkan ke campuran, daripada menampilkan karakteristik rasa yang unik.

Pemerintah Brasil akhirnya mencabut struktur kuota pada 1990-an, menetapkan kondisi untuk fokus baru pada kualitas kopi terbaiknya. Selama dekade terakhir, Brasil telah mempromosikan kopi spesialnya. Misalnya, pada tahun 2013, Brasil mengadakan Pekan Kopi Internasional (ICW) pertamanya untuk memenangkan kopi kelas khusus, dan menjadi tuan rumah Kejuaraan Barista Dunia pada tahun 2018.

Brasil adalah salah satu dari sedikit negara yang melakukan pemrosesan kering karena cuacanya memiliki musim kemarau dan hujan yang berbeda. Ini juga merupakan rumah bagi lusinan varietas, banyak yang dikembangkan di Brasil, baik sebagai mutasi alami atau melalui rekayasa, untuk meningkatkan produktivitas dan ketahanan.

Varietas utama termasuk Typica, Caturra, dan Catuai hibrida, yang berasal dari Caturra, Mundo Novo, dan Yellow Bourbon. Kopi spesial Brasil terbaik dapat menunjukkan rasa manis yang lembut, nada buah dan bunga, keasaman rendah, dan seluruh tubuh.

Baca Juga:

10 Jenis Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kafein
image 16
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

2. KOLUMBIA

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan berikutnya adalah Kolombia, produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam – meskipun memegang mahkota sebagai produsen terbesar Arabika fullwash. Varietas mereka yang paling terkenal adalah Columbian Supremo, Medellin.

Kolombia memiliki tiga pegunungan sekunder (cordilleras) yang membentang ke arah Andes dan di antara pegunungan inilah sebagian besar kopi ditanam.

Salah satu dari tiga negara teratas di dunia dalam produksi ekspor kopi, Kolombia adalah satu-satunya negara di dunia yang hanya menanam biji Arabika. Kopi adalah sumber kebanggaan nasional di Kolombia, serta kepentingan ekonomi — terdiri dari sekitar 7 persen dari PDB — sejauh pada tahun 2018, pemerintah mencadangkan 100 miliar peso (kemudian $35 juta USD) untuk mensubsidi petani kecil yang ditantang oleh rendahnya harga kopi.

Didorong oleh pembentukan Federasi Nasional Petani Kopi, sebuah LSM nirlaba yang paling dikenal di seluruh dunia oleh Juan Valdez fiktif, jaringan luas petani kopi kecil Kolombia telah berkembang dibandingkan dengan negara-negara Amerika Selatan lainnya.

image 16 2
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

Kolombia memiliki kondisi pertumbuhan yang menguntungkan, mendekati ideal. Zona kopi pegunungan menerima lebih dari 80 inci hujan setiap tahun, bebas dari embun beku, dan mendapat manfaat dari tanah vulkanik yang kaya nutrisi. Kopi dari daerah utara yang lebih hangat dan dataran rendah cenderung memiliki tubuh yang lebih penuh dengan keasaman yang lebih rendah.

Di daerah pertumbuhan selatan, seperti Cauca, Narino, dan Huila, ketinggian yang lebih tinggi memberikan keasaman yang lebih tinggi, bersama dengan rasa manis yang terkonsentrasi, karena pematangan yang lebih lama dan drainase yang lebih baik menghasilkan gula yang lebih kompleks.

Panen dipetik ceri, artinya pemetik terus memeriksa lot untuk ceri yang matang sepenuhnya. Ini mungkin keputusan padat karya yang lahir dari kebutuhan karena medan pegunungan, tetapi ini menambah romansa kopi Kolombia, serta reputasi globalnya.

Varietas tradisional Typica dan Caturra pernah mencakup sekitar 70 persen dari penanaman Kolombia. Namun, hari ini, para petani secara bertahap beralih ke hibrida tahan penyakit seperti Variedad Colombia (Kolombia) dan Castillo. Kopi Kolombia terkenal karena keasaman jeruk, sedikit rempah-rempah, dan sedikit rasa manis buah dalam tubuh sedang.

Baca Juga:

Top 15 Merek Kopi Yang Mengandung Kafein Tinggi
image 16 1
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

3. PERU

Peru adalah Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan dan sebagai produsen kopi terbesar kesembilan di dunia, dengan varietas populer seperti Typica, Bourbon, Caturra, Pache. Mereka adalah yang terbesar ketiga di Amerika Selatan.

Sebagian besar perkebunan kopi Peru berukuran kurang dari 2-3 hektar, dan tersebar di tiga area pertumbuhan utama – ini biasanya didefinisikan sebagai Utara (Amazonas, Cajamarca, San Martin), Tengah (Junin) dan Selatan (Cusco, Ayacucho, dan Puno).

Dibandingkan dengan Brasil atau Kolombia, Peru berada di urutan ketiga dalam produksi dan reputasi kopi Amerika Selatan. Namun, masuknya Peru ke dalam program Piala Keunggulan pada tahun 2017 membuktikan kualitasnya yang meningkat, dengan kondisi pertumbuhan terbaik mengikuti sumbu utara-selatan Pegunungan Andes yang membelah negara tersebut. Varietas umum termasuk Typica dan Caturra, yang menawarkan keseimbangan yang menyenangkan dari keasaman cerah dan rasa manis yang halus dalam tubuh sedang.

Pada tahun 2019, kopi dari Cajamarca, dekat perbatasan Ekuador, menghasilkan setengah dari lot pemenang untuk Piala Keunggulan Peru, kompetisi internasional yang dibuat untuk mengakui, menghargai, dan melelang kopi hijau terbaik dari negara tersebut.

image 16 3
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

4. BOLIVIA

Bolivia adalah Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan kelima dan memiliki topografi yang sangat beragam, dengan iklim mikro dan ketinggian yang ideal untuk menanam kopi.

Sebagian besar kopi yang ditanam di Bolivia adalah Arabika, sebagian besar terdiri dari varietas pusaka seperti Typica dan Caturra, dan ditanam secara organik.

Iklim di daerah ini sangat lembab dan Andes timur rentan terhadap curah hujan yang tinggi, yang membuat pengeringan kopi menjadi masalah – mirip dengan beberapa daerah di negara tetangga Peru.

Kopi sering diletakkan di atas terpal di tanah atau di atap datar, yang berarti kopi itu terbuka untuk unsur-unsur, dan rentan terhadap penyerapan air dan waktu pengeringan yang lambat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan fermentasi berlebihan.

Baca Juga:

Kopi Kolombia 2021 Kopi Terbaik Dibalik Krisis Identitas
image 16 4
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

5. EKUADOR

Ekuador menjadi terkenal karena masuk kedalam Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan dengan menanam kacang yang menghasilkan kopi instan yang enak, masih menjadi makanan pokok di banyak rumah tangga Ekuador.

Sementara perkebunan besar masih ada, produksi kopi baru-baru ini beralih ke pertanian keluarga yang lebih kecil dan biji khusus. Kopi Arabika dan Robusta ditanam di Ekuador. Varietas kopi Arabika Typica, Bourbon, dan Caturra adalah umum dan diproses secara kering atau basah.

Sebagian besar produksi kopi Ekuador yang cukup besar dikonsumsi di dalam negeri, dan biasanya kopi bertubuh tipis hingga sedang dengan keasaman yang tajam; namun, ada upaya yang berkembang untuk memasarkan kopi ke luar negeri.

image 16 5
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

6. VENEZUELA

Venezuela adalah Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan saat ini memproduksi sekitar satu persen kopi dunia, sebagian besar dikonsumsi di rumah, Venezuela pernah menyaingi Kolombia dalam produksi kopi untuk kopi Amerika Selatan.

Produksi kopi terjadi di Coast Range dan wilayah Andes barat. Sistem produksi kopi yang diikuti di wilayah Andes yang merupakan hutan basah pramontana merupakan sistem yang berlapis-lapis (3 sampai 4 kanopi berlapis) yang di dalamnya terdapat tumbuhan multi spesies.

Dalam sistem ini, pohon memberikan naungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kopi. Wilayah ini merupakan bagian dari tiga wilayah geografis Venezuela yaitu, wilayah Pegunungan dan Pesisir Karibia, wilayah Llanos, dan wilayah Delta Sungai Orinoco, dan wilayah Guayana.

Perkebunan umumnya berada di kisaran ketinggian 1.000–5.000 kaki (300–1.520 m), berbatasan dengan Kolombia. Nilai yang lebih baik dicatat pada ketinggian 6.000 kaki (1.800 m) atau lebih tinggi tetapi ketinggian ini ditandai dengan pertumbuhan yang lebih lambat dan produktivitas yang lebih rendah.

Varietas favorit daerah, Merida adalah roti murni yang lezat, ringan dan asam manis yang menjadikannya favorit underdog bagi mereka yang cukup beruntung untuk menemukannya.

Kopi dari daerah ini biasanya disebut Maracaibos, menurut nama pelabuhan tempat mereka dikirim, dan mungkin termasuk satu kopi, Cúcuta, yang sebenarnya ditanam di Kolombia tetapi mungkin dikirim melalui Maracaibo.

Kopi Maracaibo yang paling terkenal, selain Cúcuta, adalah Mérida, Trujillo, dan Táchira. Mérida biasanya menampilkan tubuh yang adil hingga bagus dan rasa yang tidak empatik tetapi manis menyenangkan dengan sedikit kekayaan. Táchira dan Cúcuta menyerupai Kolombia, dengan keasaman yang kaya, tubuh sedang, dan buah sesekali.

Terlepas dari nama pasarnya, kualitas tertinggi kopi Venezuela adalah Lavado Fino, yang berarti “halus, dicuci.”

Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan
Negara Penghasil Kopi Terbesar di Amerika Selatan

Sekarang setelah Anda mengetahui negara mana yang menanam kopi Amerika Selatan terbaik, berikutnya Anda bisa membangun Coffee Shop Network dengan sistem berbasis Syariah yang dikembangkan oleh Nusantara Coffee dengan dukungan promosi digital dan desain kedai kopi yang modern , Anda akan dapat melakukan pembelian produk sekaligus menjadi agen dari penyebaran kopi lokal yang bekualitas.

Related Posts

to top
Bermitra Dengan Kami Dan Menjadi Bagian Terbesar Coffee Shop Network Lokal Berbasis Syariah!
WeCreativez WhatsApp Support
Booth Design
Andy Saputera
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Product Supply
Doni Setia Nugraha
Available
WeCreativez WhatsApp Support
Content Creator
Ariondaru
Available